IT TELKOM, SENIN (25/5)-Berubahnya nama Sekolah Tingggi Teknologi Telkom (STT Telkom) menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) menorehkan perkembangan positif pada institusi. Hal itu diwujudkan dengan dibukanya dua program studi (prodi) baru, yaitu Teknik Fisika dan Ilmu Komputasi. Disampaikan Dekan Fakultas Sains Danang Mursita, Drs., MSi,

“Lahirnya prodi baru tersebut merupakan upaya IT Telkom demi memenuhi tuntutan kebutuhan industri . Pasalnya, tenaga ahli di bidang Teknik Fisika dan Ilmu komputasi banyak dibutuhkan, mengingat kedua bidang tersebut cakupannya sangat luas,”.

Jelasnya, Teknik Fisika di IT Telkom memiliki kefokusan pada bidang Information Communication Technology (ICT). Inilah yang membedakan Teknik Fisika di IT Telkom dengan di perguruan tinggi lain. Kurikulum yang fokus pada sains terapan sehingga menopang bidang-bidang teknik lainnya seperti teknik elektro, teknik mesin, teknik industry, dan teknik material. Sehingga lulusannya lebih fleksibel dalam bekerja ,” papar Danang. Kefokusannya pada ICT menjadikan keberadaan prodi ini satu-satunya di Indonesia.

Kurikulum Prodi Teknik Fisika memiliki penekanan terhadap, rekayasa instrumentasi dan control, rekyasa Energi, rekayasa fotonika dan aplikasi electromagnet, dan rekayasa material. Alhasil, diyakini peluang karir di bidan ini terbuka luas. Beberapa profesi yang yang kompeten dengan bidang keahlian teknik fisika diantaranya Sistem Integrator Engineer, Instrument and control Engineer, Health, Safety, Enviromental Engineer. Energy Engineer,dan Mechatronic and Robotic Engineer.

Lain halnya Ilmu Komputasi. Di kebanyakan perguruan tinggi, Ilmu komputasi kerap dijumpai di Program Studi Pasca Sarjana. Namun di IT Telkom Ilmu komputasi dijumpai di program studi Sarjana atau S1.

“Ilmu komputasi adalah suatu bidang perpaduan antara teknik informatika, permodelan, dan teknologi jaringan komputer,” ujar Danang. Ia tak memungkiri bahwa kebutuhan industrilah yang menuntut IT Telkom untuk segera membuka prodi Ilmu Komputasi untuk jejang S1.

Jelasnya, Ilmu Komputasi diperlukan untuk untuk menunjang penyelesaian masalah-masalah yang memerlukan komputasi tingkat tinggi, di antaranya desain sistem pada bidang pertelekomunikasian, peramalan harga saham, desain sistem kecerdasan buatan, desain sistem pada industri manufaktur, desain sistem pada perusahaan pertambangan dan sebagainya. Melalui ilmu komputasi, mahasiswa dibekali pengetahuan komputasi pararel yaitu komputasi yang melibatkan teknologi jaringan komputer.

“Tidak heran jika Ilmu Komputasi menjadi trend di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Singapura. Pasalnya, peluang profesi dan karir terbuka luas untuk bidang ini,” ujar Danang.

Diungkapkan Danang, beberapa peluang profesi yang kompeten dengan bidang Ilmu Komputasi diantaranya Information Technology Support Engineer, System Analyst Engineer, Software Development Engineer, Database Engineer, dan Modeling and Simulation Engineer.

“Calon mahasiswa Teknik Fisika dan Teknik Komputasi harus memiliki kekuatan nalar dan logika yang kuat. Jadi ia harus memiliki kemampuan yang baik dalam pelajaran Matematika dan Fisika. Karena nantinya mata pelajaran tersebut akan mempermudah mahasiswa dalam pemahaman selama perkuliahan ,” papar Danang.

Prodi Teknik Fisika dan Ilmu Komputasi kini berada di bawah naungan Fakultas Sains IT Telkom. Keduanya dibuka pada tahun ajaran 2009-2010, sedangkan seleksi masuknya dapat diikuti calon mahasiswa pada Ujian Tulis Gelombang (UTG) II yang akan diselenggarakan tanggal 5 Juli 2009. Ujian dilaksanakan serentak di 20 kota di beberapa wilayah Indonesia seperti pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Keberadaan prodi baru menjadi wujud perkembangan positif IT Telkom yang telah mencanangkan World Class University (WCU) di tahun 2017. Selain peningkatan kualitas perkuliahan, perkembangan IT Telkom juga dapat dilihat dari sisi infrastruktur yaitu dibangunnya Learning Center yang direncanakan selesai pada bulan Agustus. Nantinya, Learning Center akan diarahkan menjadi perpustaan tingkat nasional yang focus di bidang ICT.

Diposting oleh ILMU KOMPUTASI Sabtu, 13 Februari 2010

0 komentar

Posting Komentar

Followers

toolbar powered by Conduit

Subscribe here

TRANSLATE

DOWNLOAD

About Me

ILMU KOMPUTASI
Program S1 ilmu komputasi terdapat pada fakultas sains di Institute Teknologi Telkom
Lihat profil lengkapku

Label

BUKU TAMU


ShoutMix chat widget