PADA tanggal 18 lalu sebuah mesin pencari baru telah lahir. Mesin pencari ini bernama Wolfram Alpha yang bisa diakses di http://www.Wolfram Alpha.com/. Tidak seperti mesin pencari lain yang berusaha mencari jawaban dengan menampilkan daftar halaman web yang cocok, Wolfram Alpha langsung memberikan jawaban pertanyaan kita. Misal kita memasukkan input “Yogyakarta” (tanpa petik). Kita tidak akan disodori jawaban yang berisi sekian ribu halaman web yang berisi tentang kata Yogyakarta, namun kita langsung diberi informasi tentang jumlah penduduk, peta, suhu dan waktu saat ini, bahkan diberi jawaban tentang kota-kota yang berdekatan dengan Yogyakarta. Anda bisa mencobanya dengan memberikan input kota lain atau daerah lain dan secara seketika akan mendapatkan informasi geografis daerah itu secara realtime.

Kemampuan mencari dari Wolfram Alpha bahkan lebih dari sekadar mencari informasi geografis, kita bahkan bisa melakukan perhitungan matematika dari yang sederhana sampai yang rumit, misal kita beri input 2000 * 10 maka kita akan mendapat jawaban 20.000. Kita juga bisa menghitung perhitungan yang rumit, misal mencari akar persamaan dari 2x^3+5x^2-3x-5 akan menghasilkan jawaban berupa akar dari persamaan sekaligus grafik fungsinya. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi siswa, mahasiswa atau siapa saja yang sedang belajar matematika atau sedang melakukan perhitungan komputasi yang rumit tanpa harus menginstall software seperti matlab.

Apa Saja yang Bisa Dicari

Selain mampu melakukan perhitungan matematika ataupun informasi tentang geografis, kemampuan mesin pencari baru ini digunakan untuk melihat informasi tanggal waktu dan suhu di suatu kota di seluruh dunia, melihat data sosial ekonomi suatu tempat atau negara, melihat informasi tentang konversi nilai mata uang dan masih banyak lagi yang lain secara realtime. Anda bisa mencoba dan melihat puluhan contoh yang ada diwebsitenya, sekadar contoh tambahan, kita bisa melihat berapa nilai tukar rupiah saat ini dengan cara mengetikan “1 USD in rupiah” (tanpa tanda petik). Hasil yang kita dapatkan adalah nilai tukar saat ini beserta grafik tentang perubahan nilai tukar dalam kurun waktu tertentu.

Batasan Wolfram Alpha

Wolfram Alpha dengan slogan “Computational Knowledge engine” juga mempunyai batasan, di antaranya, Wolfarm Alpha tidak bisa mencari informasi tentang website tertentu atau informasi yang tidak bersifat publik. Mesin pencari ini juga tidak bisa digunakan untuk mencari blog, gambar, video atau informasi lain yang biasa kita lakukan di mesin pencari umum seperti Google. Selain itu Wolfram Alpha hanya menerima input dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh jika anda ingin mencari jumlah penduduk Indonesia, anda harus mengetikan “Indonesia population” bukan “jumlah penduduk Indonesia”. Intinya, mesin pencari ini cocok untuk mencari informasi yang eksak dan matematis serta informasi lainnya yang berhubungan dengan data angka. Sebagai catatan, hasil pencarian dari komputasi yang dilakukan Wolfram Alpha hanya boleh di pakai untuk keperluan pribadi dan bukan untuk kepentingan komersial.

Sumber : Kedaulatan Rakyat (25 Mei 2009)

Diposting oleh ILMU KOMPUTASI Sabtu, 13 Februari 2010

0 komentar

Posting Komentar

Followers

toolbar powered by Conduit

Subscribe here

TRANSLATE

DOWNLOAD

About Me

ILMU KOMPUTASI
Program S1 ilmu komputasi terdapat pada fakultas sains di Institute Teknologi Telkom
Lihat profil lengkapku

Label

BUKU TAMU


ShoutMix chat widget